PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

Deskripsi

Penyelenggaraan pendidikan Program Studi Sarjana Keperawatan dan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana, yang dahulu dikenal dengan nama program studi S1 keperawatan dan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Kencana Bandung didirikan pada tahun 2002 dengan status izin operasional menurut Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 01/D/0.2002 dan Rekomendasi dari DepKes No. KS.02.1.5.4327, dan diperpanjang dengan pada tahun 2004 dengan SK perpanjangan dengan nomor 3702/D/T/2004. Saat ini telah berubah nama menjadi Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.238/KPT/2019 tentang izin penggabungan Institusi yang tergabung dalam Yayasan Adhi Guna Kencana.

Proses pembelajaran pada Program Studi Keperawatan menekankan pada perkembangan kemampuan untuk menjadi calon perawat professional yang dilandasi oleh ilmu dasar-dasar keperawatan. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum perguruan tinggi meliputi 144 SKS dalam 8 semester. Gelar yang diperoleh bagi para lulusan adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep). Selanjutnya lulusan dapat melanjutkan ke jenjang Pendidikan Profesi Ners dengan menempuh 2 semester untuk mendapatkan gelar Ners. Fasilitas perkuliahan Program Studi Sarjana Keperawatan memadai dan menunjang proses pembelajaran yang kondusif.

Upaya yang dilakukan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, program studi sarjana keperawatan memiliki sumber daya manusia (dosen) yang berkualitas dengan latar belakang paling rendah berpendidikan S2. Selain itu, memiliki kerjasama dengan beberapa institusi pendidikan kesehatan dan institusi pelayanan kesehatan terkemuka yang ada di Bandung maupun di luar Bandung. 

  1. Visi Program Studi Sarjana Keperawatan

“Program Studi mandiri, unggul dan berdaya saing dalam menghasilkan perawat profesional yang berbudaya, inovatif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada tahun 2025”

Tabel 1.2 Rumusan Kata Kunci Visi Prodi Sarjana  Keperawatan dan Profesi Ners

 Fakultas Keperawatan Universitas padjadjaran

Pernyataan Misi

  1. Mengembangkan kelembagaan dalam rangka mewujudkan perguruan tinggi yang mandiri dengan sistem manajemen mutu terstandarisasi nasional pada tahun 2025 .
  2. Membangun dan mengembangkan mutu pendidikan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dibidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Mengoptimalkan kapasitas sivitas akademika yang kreatif dan inovatif
  4. Mewujudkan entrepreneurial prodi yang berperan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  5. Membangun dan mengembangkan nilai budi pekerti, tingkah laku, kebiasaan positif selururh civitas akademika
  6. Mengoptimalkan  kapasitas civitas akademika dalam menciptakan produk, proses dan sistem baru
  1. Tujuan Prodi
  1. Sistem manajemen mutu dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terstandarisasi nasional.
  2. Proses penyelenggaraan mutu Tri Dharma perguruan tinggi sesuai dengan standar yang berlaku dengan terus dilakukan continuous improvement
  3. Kompetensi sivitas akademika dan lulusan yang berdayasaing
  4. Peran prodi yang meningkat dalam membangun kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan hasil riset dan pengabdian serta hasil lulusan yang siap memasuki dunia kerja.
  5. Terciptanya nilai budi pekerti, tingkah laku, kebiasaan positif selururh civitas akademika
  6. Terwujudnya  civitas akademika dalam menciptakan produk, proses dan sistem baru
  1. Learning Outcome
  1. Melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bertindak kreatif, berinisiatif dalam kegiatan akademik, mampu mempengaruhi lingkungan sekitar dan memperoleh kepuasan dari para stakeholders
  2. Menghasilkan kualitas unggul dibidang pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan seminasi serta publikasi kegiatan Tridharma perguruan tinggi
  3. Berkompetisi dengan perguruan tinggi lain dibidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kompetensi lulusan
  4. Berkontribusi bagi pengembangan masyarakat melalui pemanfaatan hasil riset dan pengabdian masyarkat serta menghasilkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja baik sebagai tenaga profesional maupun sebagai pembuka lapangan pekerjaan (entrepreneur)
  5. Mendayagunakan akal budi untuk aktif berbuat baik, benar dan adil demi kepentingan hidup manusia
  6. Mengembangkan pengetahuan, keterampilan termaasuk teknologi untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses dan sistem yang baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *