PRODI D3 KEPERAWATAN

Pendidikan Program Study D III Keperawatan Universitas Bhakti Kencana adalah pendidikan tinggi vokasi keperawatan yang bertujuan menghasilkan lulusan perawat vokasional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bidang keperawatanyang di peroleh melalui berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman belajar di kelas, laboratorium, klinik dan lapangan serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai standar.

Program D III Keperawatan Universitas Bhakti Kencana terus berupaya meningkatkan system pembelajaran yang berorientasi kepada hasil lulusan yang berkualitas melalui berbagai upaya antara lain dengan penataan situasi dan kondisi belajar untuk mencapai penguasaan ilmu dan kiat keperawatan, menumbuhkan sikap, pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan Asuhan keperawatan professional bagi semua peseta didik.

Guna menunjang situasi dan kondisi belajar tersebut maka pendidikan D III keperawatan Universitas Bhakti Kencana harus berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi serta berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Pendidikan yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki makna bahwa pendidikan keperawatan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bdang kesehatan khususnya keperawatan. Pendidikan yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat bermakna bahwa program pendidikan keperawatan di arahkan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakatsekarang dan yang akan datang.

Kurikulum pendidikan Program Study D III / Vokasi Keperawatan Universitas Bhakti Kencana dikembangkan berdasarkan tujuan pendidikan yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat dan pembangunan kesehatan di masa datang dengan memperhatikan tuntutan profesi keperawatan. Kurikulum mencakup kurikulum inti yang memuat 70% dari kurikulum program Diploma III Keperawatan dan tambahan 30% kurikulum yang dikembangkan oleh institusi sesuai dengan kebutuhan pasar dan visi  program study D III Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana. Kurikulum inti tersebut dikembangkan dari capaian pembelajaran pembelajaran pengetahuan dan keterampilan khusus yang harus dimiliki para lulusan, dirumuskan oleh para penyelengara di Program study DIII keperawatan FK Universitas Bhakti Kencana yang dimediasi oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI)

Metode Pembelajaran yang digunakan adalah : Pembelajaran di kelas, pembelajaran praktik di laboratorium dan pembelajaran praktik klinik atau lapangan. Beban Study Kumulatif di Program study D III Keperawatan  adalah 109 SKS yang dapat di tempuh selama 6 semester dan maksimal studi 10 semester sesuai dengan pasal 17 PERMENRISTEKDIKTI No.44 tahun 2015.

Profil Lulusan

Profil lulusan Diploma III Keperawatan Universitas Bhakti Kencana adalah sebagai perawat Vokasi yang memiliki kemampuan sebagai pemberi asuhan keperawatan, pendidik klien, pengelola asuhan keperawatan dan peneliti.

Berikut adalah penjelasan dari profil lulusan D III keperawatan :

NO

PROFIL LULUSAN

PENJELASAN

1

Pemberi Asuhan keperawatan

Sebagai perawat yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang meliputi aspek bio, psiko, sosio, kultural dan spiritual dalam kondisi sehat, sakit serta kegawat daaruratanberdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik keperawatan dan undang-undang yang berlaku.

2

Pendidikan Klien

Sebagai perawat yang mampu memberikan pendidikan kesehatan sebagai upaya promosi dan prevensi kesehatan kepada individu, keluarga, dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas.

3

Pengelola Asuhan keperawatan

Sebagai tim keperawatan yang mampu mengelola asuhan keperawatan pada individu, kelurga, dan kelompok khusus dengan pendekatan proses keperawatan.

4

Peneliti

Sebagai perawat yang mampu menggunakan hasil penelitian sebagai dasar dalam melaksanakan study kasus pada individu, keluarga, dan kelompok khusus.

Prospek Kerja

Lulusan pendidikan Program Diploma III Keperawatan / Ahli Madya Keperawatan pada dasarnya  dapat bekerja dan berkarir sebagai perawat pelaksana atau tenaga kesehatan, beberapa pilihan yang bisa diambil diantaranya sebagai berikut:

  1. Pelayanan kesehatan di dalam negeri : Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Asuransi Kesehatan (Askes), Tenaga Kesehatan Bandara, Tenaga Kesehatan Pelabuhan, dll.
  2. Pelayanan keperawatan profesional di Luar Negeri.
  3. Pelayanan Keperawatan Mandiri (Home Care, dll)
  4. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Pendidikan : Institusi Pendidikan Keperawatan (Dosen)
  6. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  7. Perwira karir pada lingkungan TNI/POLRI
  8. Dinas Kesehatan Pusat dan daerah
  9. Badan Penelitian dan Pengembangan bidang kesehatan

Sampai saat ini Program Study D III Keperawatan Universitas Bhakti Kencana melakukan pelaksanaan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa dan lulusan yang mencakup : 

Penyebaran  informasi kerja

Penyebaran informasi kerja kepada mahasiswa dan lulusan (alumni) dari instansi pemerintah maupun swasta di sampaikan melalui media sosial, leafleat dan informasi langsung dari dosen. Program study DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana telah membentuk grup media sosial seperti facebook, whatsapp, Line, dan Instagram. Penyebaran informasi kerja ini meliputi peluang kerja baik dalam negeri maupun luar negeri.

  •  Penyelenggaraan bursa kerja 

Program study DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana telah menyelenggarakan bursa kerja 2 tahun sekali, dengan mengundang user (RS. Hermina, RS. Ginjal, RSUD Majalaya, RSU Atmajaya, SOS), yang membutuhkan lulusan dari Program study DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana.  Pada saat penyelenggaraaan bursa kerja pihak user langsung melaksanakan rekruitmen perawat lulusan Program study DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana.

  • Perencanaan Karir

Program study DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana:

  1. Mengundang institusi pendidikan yang berkelanjutan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa tentang pendidikan keperawatan berkelanjutan.
  2. Mengundang Alumni melalui ikatan alumni untuk memberikan informasi adanya pelatihan yang berkaitan dengan keperawatan, peluang kerja, dan tatanan layanan keperawatan.
  3. Menambah bahan kajian mata kuliah bahasa  asing (bahasa arab dan bahasa inggris) untuk mempersiapkan lulusan bekerja di luar negeri.
  4. Pelatihan Melamar Kerja

Program study DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana menyelenggarakan pelatihan melamar kerja bagi mahasiswa di tingkat akhir setiap tahun. Bekerjasama dengan EEP (Eksekutif English Program). 

  • Layanan Penempatan Kerja

Program study DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana memberikan layanan penempatan kerja bagi mahasiswa dan lulusan (alumni ) melalui kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta sesuai dengan permintaan user seperti Rs Ginjal Batam, RS Atmajaya, dan SOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *